19 Oktober 2024

ajengmas diary baik hari ini
Aku, digambar oleh anak lanangku.

ajengmas diary baik hari ini

Bicara tentang sikap kepada diri sendiri. Jangan pernah sekalipun melakukan ini. Ketika sudah menjadi kebiasaan, aku merasa itu tak lagi membawa hal baik untuk diriku sendiri. Sama dengan menyepelekan. Seremeh apapun, menurutku yang saat itu kurasa bukan pekerjaan "besar", tak bisa kupamerkan, seperti tak berarti, dan rasanya nggak ada juga manusia lain yang akan terbantu dengan ini, tanpa kusadari ternyata saat itu aku sedang mengerdilkan diriku sendiri. Meremehkan diriku sendiri. Dan bodohnya, lambat laun hal yang serupa kulakukan kepada orang lain.

Pemikiran semacam itu membawaku untuk kemudian tak menganggap lagi yang kukerjakan adalah hal penting, sehingga perasaan remeh itu seakan mengajakku untuk tidak bersungguh-sungguh dan tidak mengusahakan sebaik mungkin bagaimana aku menyelesaikannya. Hingga pada akhirnya itu berlalu begitu saja.

Aku teringat lagi dengan pelajaran dari Greysia Poli saat Ia sedang bertanding. Sebagai seseorang yang dulu pernah juga menjadi atlet bulutangkis, sangat bisa kubenarkan bahwa sejatinya saat berada di medan lapangan pertandingan itu, aku tidaklah hanya melawan dia yang ada di seberang net, tetapi bersamaan aku sedang juga sedang melawan diriku sendiri saat itu.

Pola-pola seperti ini semacam kanker yang menggerogoti kegigihan untuk mengusahakan yang terbaik. Kalau dibiarkan berlama-lama, ia bisa mengubahku menjadi manusia kopong tanpa arah yang hilang daya juangnya. Tampar dirimu sendiri, tak perlu hingga orang lain yang melakukannya bukan?


Instagram

Dari Ajengmas. Theme by STS.